Anak Pelupa

Di daerah Tegal,,,, Ada anak yang sangat pelupa dan hanya diurus oleh ayah nya. stiap pagi sang anak akan berangkat sekolah…terjadi percakapan :

Bapak: uwis digawa kabeh mbok bekale sekolah…??
Anak: uwis bapake…??
Bapak: stip, penggaris, potlot…??
Anak, dgn agak kesal: uwissss ya paaaakkkkk…
Bapak:Ya wis kana ndang mangkat…

Setelah sampe depan pintu.

Bapak: Masya Allah….. Kuwe pimen sepatune…..mangkat sekolah ora nganggo spatu…?
Anak: o iya kelalen pak…

Pada pagi hari berikutnya…..
Anak: bapake…, kie nyonge wis komplit kabeh kie, topi, potlot, penggaris, spatu ya uwis, nyonge pamit mangkat ya pak….??
Bapak: wis yakin ora nana sing kelalenan maning?
Anak: ora kie pak…..

Setelah sampe didepan pintu……
Bapak: heh..!!, kowen arep mangkat skolah daninng ora kathokan…..? Gebleg… Kathoke endi ….kathoke…..???
Anak: “̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ “̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ iya ya Pak, klalen maning inyong….
Bapak: dasar bocah gemblung.
Dan pada pagi hari berikutnya…….
Sang anak bangun pagi2. Dia sudah berseragam lengkap beserta semua perlengkapan skolahnya

Dia bangunin bapaknya untuk berpamitan……
Anak: Pak…. Bapake…. Tangi…!! Nyong arep mangkat kie. Seragam wis lengkap, topi, wis tak gawa, pensil, penggaris, buku ya wis tak gawa, wis kathokan, wis spatonan, komplit pak, yakin…
Bapak: wis ora nana sing kelanenan ?…. Anak pinter…. Ya wis kana mangkat….
Anak: pamit ya pak….. Assalamualaikum….!!
Setelah didepan pintu…… Bapaknya memangil lagi…
Bapak: dengan nada marah….. Heh bocah gemblung…. Kowen arep maning ngendi..??? Kiye dina MINGGU, kiye minggu kiye….!!!! Bocah klalenane kok ora umum…. =D

Iklan

Tips Naik Angkot yang Aman

Tips naik angkot yg aman :

  1. Pas naek angkot Kaki duluan. Baru tangan. Jangan pernah handstand di dalem angkot.
  2. Kalo di tanya supirnya “mau kemana” jangan di jawab “Ke hatimu”… Jangan bikin supirnya #Galau
  3. Meskipun dia punya banyak duit seribuan, jangan cium tangan trus minta uang jajan sama supirnya. Dia bukan bapak lo…
  4. walau lo narsis..jng sampe lo ngajak supirnya foto bareng.
  5. nggak perlu dandan cantik deh soalnya cuma di FTV kita bisa nemu sopir angkot ganteng
  6. Jangan nanya pintu daruratnya dimana. Please jangan!! ini bukan pesawat.
  7. pas sopir mau pindahin gigi, gak usah sok2 romantis genggam tangan dan tatap matanya!
  8. kalo ada yang malak dalem angkot, pura-pura tidur aja. Kemungkinannya kalo nggak dilewatin yah digamparin
  9. kalo menerima uang kembalian, ucapkan: “Alhamdullillah yahh, sesuatu banget..”
  10. kalo duduk di belakang supir, gak usah ngagetin dia dgn ngrangkul tutup matanya n blg “tebak aku siapa?!”
  11. klo mau nanya ongkos jgn pake bhs “gan” ex: “brp ongkosnya gan?” ingat ini bukan kas kus..
  12. sebelum naik, Perhatikan nomer plat nomernya, kalau RI 1 jangan dinaiki, klo tdk ingin digeplak paspampres.
  13. Jangan mau naik angkot yang pake bensin campur. Apalagi campur dorong. Capek bro.
  14. kalo lo cadel, ngomongnya Stop aja, jangan Kiri.. Ntar diketawain supir angkot lagi
  15. nyalain lagu Beyonce..”turn the left turn the left~~” saat mau berenti
  16. Gak usah curhat kesopirnya, siapa tau doi lagi #Galau jg. Gak konsen nyetir dan akhirnya #ngeeenngg #jegger. Nabrak dĥεε
  17. Tolong bayarnya pake uang, jangan pake alat sholat. Ini bukan ijab kabul
  18. setelah sampai tujuan, ucapkan “kiri, Pir”. Jgn bilang “kiri, beb”. Inget loh!!!
  19. berhentiin dulu angkotnya…jangan naik pas angkot lagi ngebut…
  20. yang terakhir dan terpenting sepenuh apapun, jgn duduk d pangkuan supirnya. Pokoknya jangan..jangan !!!!

Semoga bermanfaat . 🙂 😀 😆

Ngetes akh………

Persyaratan Motor Untuk Mudik..

Mudik………mudik………mudik……..,

Mungkin kata itu saat yang berkecamuk di dada setiap orang yang merantau di luar daerah. Karena kebiasaan perantau mudik (pulang kampung) dilakoni menjelang lebaran tiba. Yah…minimal setahun sekali lah ketemu saudara dan handai taulan.

Ada yang menggunakan jasa angkutan darat, laut bahkan udara. Bagi yang berkantong tebal (banyak kutang uang) pesawat adalah alternatif yang tepat untuk mudik. Atau menggunakan jasa angkutan kereta atau bus eksekutif atau yang lainnya. Bagi yang berkantong setengah tebah (separo uang separo KTP), bisa menggunakan kereta ataupun bis klas ekonomi. Terus bagi yang berkantong tebal juga (tebal tagihan utang)/(kertas2 bon), biasanya menggunakan fasilitas yang lain supaya ngirit ongkos tentunya dengan menggunakan Sepeda motor, bajaj atau becak sekalipun. hwakakak…..

Melihat fenomena yang sering terjadi menjelang lebaran, berikut dari Tuyi’s Blog hanya memberikan persyaratan para pemudik yang  menggunakan sepeda ontel motor untuk  melaksanakan tradisi mudiknya ke kampung halamannya. Karena kalo tips mudik dengan motor udah banyak yang posting.

Oke….cekidot…..*baca persyaratannya*

  1.  Syarat ke-1, calon pemudik paling tidak punya motor itu yang pasti. Motor yang biasanya buat ngojeg atau motor ngerampok pinjeman dari tetangga……
  2. Syarat ke-2, harus punya surat-surat kendaraan biar nyaman, atau SIM yang kedaluwarsa masih berlaku, dengan adanya foto diri yang jelas jangan foto orang lain.
  3. Syarat ke-3, motor harus punya mesin yang jelas sesuai dengan kebutuhannya, jangan dipasang mesin jahit atau mesin ketik….wakakak
  4. Syarat ke-4, motor dalam keadaan bisa dijalankan walau stater awal didorong ataupun di pancal staternya. Soalnya kalo mati bisa sebulan kali nyampainya. wakakak….
  5. Syarat ke-5, roda juga harus jelas pilih roda yang masih radial dan bulat bundar tentunya. Emang kalo kotak bisa ngglinding apa…..wakakakak….
  6. Syarat ke-6, spion juga harus jelas kanan kiri masih bisa keliatan dengan jelas and its oke. Bila perlu depan belakang…..(depan utk yg nyetir, belakang utk yg nggonceng). wkwkwkwk….
  7. Syarat ke-7, Tangki bahan bakar juga jangan sampai bocor harus rapet, saking rapetnya bensin gak mau keluar ke karburasi. OMG itu motor gak ada pembakaran donk. Bensin bisa awet.  wakakakak….
  8. Syarat ke-8, sokbreker harus di cek….jangan pake sokbreker sepeda nanti nggak mantul-mantul….wkwkwkwk
  9. Syarat ke-9, Jok pengendara pakein busa biar lebih nyaman, soalnya kalo gak pake bisa keras tuh pantat nyampe rumah….wkwwkwk
  10. Syarat ke -10, jangan lupa motor harus ada yang nyetir kalo gak ada yang nyetir emang itu motor bisa jalan sendiri apa……wkakakak……

Itulah Persyaratan yang saya anjurkan…….., barangkali syarat ini masih dirasa kurang tambahin sendiri aja deh biar komplit…….*Salam Mudik*

Mantene Teka’…Mantene Teka’…..mantene Teka’…..

Perbedaan bahasa terkadang menjadi salah penafsiran dan salah pemahaman. seperti yang dialami oleh dua insan yang akan mengarungi biduk rumah tangga alias jadi pengantin (ngantenan) Yono bujangan asli Gunung kidul Jogya telah kepincut dengan  Lastri gadis manis asli Rancawuluh Kec Bulakamba Kab Brebes  akan menjadikannya Dia (Lastri) sebagai istrinya serta belahan jiwanya dan pelabuhan cinta terakhirnya.

Pacaran nggak begitu lama, tapi keduanya sudah bertekad bulat untuk menjadi pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan karena keduanya sudah bukan ABG lagi. Tetapi sudah matang karena keduanya berumur lebih dari 30 tahunan  alias sudah agak lapuk. Tentunya keluarganyapun belum begitu mengenal sosok orang tua masing-masing. Begitupun dari bahasanya yang agak berbeda keduanya. Yono yang asli Yogya dengan bahasa yang begitu halus (jowo), dengan Lastri yang asli Brebes dengan logat jawa pesisir yg terkesan kasar.

Singkat cerita akhirnya keduanya dinikahkan……

Ada kejanggalan saat akan digelar perhelatan di rumah mempelai  wanita (Si Lastri). Saat dipertemukan Si Yono dengan Lastri di rumah mempelai wanita. Begitu Yono keluar dari mobil kemudian jalan melewati gang sempit, banyak anak-anak menyambutnya dengan teriakan seperti ini…..“Mantene Teka….mantene teka’….mantene teka……”

Teriakan tersebut membuat Yono keringetan, dan buru-buru lari ke mobil serta menyuruh sopirnya untuk tancap gas pulang ke rumah.  pihak pengantin wanita dibikin klimpungan buru-buru mengejar Yono ke dalam mobil.

Setelah sampai di mobil buru-buru paman Lastri tanyan sama Yono.“Gimana sih Yon…, kok keringetan gitu…minta pulang lagi….”. Setelah ditanya itu dengan gemetar Yono menjawab…..” Saya gak mau jadi nganten Paman, soalnya anak kecil aja sudahberani mau mencekek saya, gimmana dengan yang tua bisa dibacok saya…….”.

Untung si Paman memahami dengan apa yang ditakuti Yono kemudian beliau menjawab….” owalah…Yon….Yon….kamu ini salah paham, maksud dari anak kecil tadi pengantennya datang……, lha kamu itu pengantennya……”.

Setelah Yono memahami kata yang diucapkan sama anak-anak kecil, dengan penuh percaya diri dia mau keluar dari mobil dan dengan PDnya Yono nyamperin Lastri untuk segera diijab qobulkan.

Translate Brebes to Indonesia

Teka’ = datang

Mantene Teka’ = pengantin datang

Translate Brebes to Yogya

Teka’ = cekik

Mantene Teka’ = pengantin cekik