Mantene Teka’…Mantene Teka’…..mantene Teka’…..

Perbedaan bahasa terkadang menjadi salah penafsiran dan salah pemahaman. seperti yang dialami oleh dua insan yang akan mengarungi biduk rumah tangga alias jadi pengantin (ngantenan) Yono bujangan asli Gunung kidul Jogya telah kepincut dengan  Lastri gadis manis asli Rancawuluh Kec Bulakamba Kab Brebes  akan menjadikannya Dia (Lastri) sebagai istrinya serta belahan jiwanya dan pelabuhan cinta terakhirnya.

Pacaran nggak begitu lama, tapi keduanya sudah bertekad bulat untuk menjadi pasangan suami istri. Hal ini dikarenakan karena keduanya sudah bukan ABG lagi. Tetapi sudah matang karena keduanya berumur lebih dari 30 tahunan  alias sudah agak lapuk. Tentunya keluarganyapun belum begitu mengenal sosok orang tua masing-masing. Begitupun dari bahasanya yang agak berbeda keduanya. Yono yang asli Yogya dengan bahasa yang begitu halus (jowo), dengan Lastri yang asli Brebes dengan logat jawa pesisir yg terkesan kasar.

Singkat cerita akhirnya keduanya dinikahkan……

Ada kejanggalan saat akan digelar perhelatan di rumah mempelai  wanita (Si Lastri). Saat dipertemukan Si Yono dengan Lastri di rumah mempelai wanita. Begitu Yono keluar dari mobil kemudian jalan melewati gang sempit, banyak anak-anak menyambutnya dengan teriakan seperti ini…..“Mantene Teka….mantene teka’….mantene teka……”

Teriakan tersebut membuat Yono keringetan, dan buru-buru lari ke mobil serta menyuruh sopirnya untuk tancap gas pulang ke rumah.  pihak pengantin wanita dibikin klimpungan buru-buru mengejar Yono ke dalam mobil.

Setelah sampai di mobil buru-buru paman Lastri tanyan sama Yono.“Gimana sih Yon…, kok keringetan gitu…minta pulang lagi….”. Setelah ditanya itu dengan gemetar Yono menjawab…..” Saya gak mau jadi nganten Paman, soalnya anak kecil aja sudahberani mau mencekek saya, gimmana dengan yang tua bisa dibacok saya…….”.

Untung si Paman memahami dengan apa yang ditakuti Yono kemudian beliau menjawab….” owalah…Yon….Yon….kamu ini salah paham, maksud dari anak kecil tadi pengantennya datang……, lha kamu itu pengantennya……”.

Setelah Yono memahami kata yang diucapkan sama anak-anak kecil, dengan penuh percaya diri dia mau keluar dari mobil dan dengan PDnya Yono nyamperin Lastri untuk segera diijab qobulkan.

Translate Brebes to Indonesia

Teka’ = datang

Mantene Teka’ = pengantin datang

Translate Brebes to Yogya

Teka’ = cekik

Mantene Teka’ = pengantin cekik

Iklan

Mumpung Masih Bisa Mimpi

Ini mobil akan saya parkirkan di teras

Pagi ini selepas jam kantor, saya mau sempatkan ke dieler Toyota rencana saya pilih warna silver untuk Toyota Inova yang bakal saya parkirkan di teras rumah. Setelah transaksi selesai nanti saya sempatkan mampir ke dieler elektronik terdekat untuk beli LCD TV 42 Inchi, seperangkat home theaternya beserta DVDnya, lumayan kali kalo selepas dari kantor sambil makan siang putar film favorit saya serta duduk di sofa yang empuk.

Kebetulan di deket dieler electronic ada dieler peralatan listrik untuk rumah tangga, pilih-pilih mesin cuci yang super canggih dan bisa menampung banyak cucian biar si bibi gak terlalu repot. AC juga nanti akan saya boyong ke rumah dan kupasang di ruang tamu serta kamar-kamar yang ada di rumah. Seger kaya’nya nanti rumah setelah kupasang AC-ACnya. Bakal betah deh saat-saat loburan di rumah.

Rumah saya yang kini di gang akan kutinggal saja, soalnya sumpek dan tidak nyaman. Mungkin biar bisa kemana-kemana saya harus pindah rumah. Kebetulan barusan ada rekan saya yang nawarin rumah di real estate. lumayan juga sih harganya walau hanya 2 Milyard. Bagiku harga tak jadi masalah tapi yang penting kenyamanan. Begitupun untuk prospek menuju rumah idaman keluarga.

Setelah semuanya terpenuhi, mungkin harus mengembangkan sayap usaha. Kebetulan saya hobbi dengan fotographi dan seni musik. Target berikutnya adalah membangun studio foto yang unik dan bisa digunakan untuk foto-foto calon pengantin (pra wedding) atau foto penganten lengkap dengan dokumentasi videonya. Kemudaian hasilnya saya olah di studio rekaman saya yang nanti rencannya saya bangun di sebelah studio foto saya. Untuk nama Studio nanti akan menyusul setelah punya lahan yang strategis dan setelah punya uang banyak.

Begitupun untuk membeli mobil Toyota Inova, seperangkap home theater, peralatan rumah tangga yang serba elektronik, rumah real estate nanti akan saya beli setelah punya uang. Kalo sekarang sih saya punya tidak punya uang. hehehehe….

Maaf Lho ini hanya impian, mumpung sekarang mimpi tidak bayar (gratis lagi). Kata orang sih Mumpung masih bisa mimpi……..

Photobucket

Malam Pertama…Ohgh…No..,

Love Myspace Comments

Udin Pletok dan Bapake termasuk keluarga yang sangat Miskin. Di desanya mereke adalah keluarga termiskin diantara fakir miskin lainnya. Sampe-sampe mereka cuma makan sekali tiap harinya, tanpa pernah jajan yang enek-enak.

Setelah lulus dari SD (Sekolah Dasar) Udin Pletok memutuskan untuk tidak melanjutkan Sekolahnya. Karena sudah nggak punya biaya lagi. Karena Bapake hanyalah tukar permak Jeans yang bayarannya tidak menentu.

Bapake Aku mau kawin aja… siapa tahu dapat istri anak orang kaya” Pinta Udin Pletok. 😦

Mendengar permintaan anaknya Bapake seperti disamber gledek di siang bolong.

cheetetetduerrrrrrr…………….”

Le thole ngomong apa kamu ini….?”  :mrgreen:

Bapak nda punya apa-apa buat pernikahan kamu….”  😥

” Ah Bapak..,ini piye toh aku mau kawin ya harus kawin…” Jawab Udin Pletok tetep ngeyel.

( Wong wis kere ngeyelan sisan )

Singkat cerita pernikahanpun terjadi.
Baca lebih lanjut

Tips memilih Pasangan Hidup

Love Myspace Comments
Dalam mencari pendamping hidup/pasangan hidup susah susah gampang. Ada yang setelah bekerja dan mapan baru mendapatkan pasangan hidup. Ada yang baru lulus kuliah, belum bekerja sudah mendapatkan pasangan hidup. Ada yang masih kuliah dan tentunya belum bekerja sudah mendapatkan pasangan hidup, ada juga yang baru lulus SMA dan masih ngganggur sudah mendapatkan pasangan hidup. Ada lagi  yang masih SMA/SMP belum tamat sudah dapat pasangan hidup (hamil duluan karena sebab lain) bahkan ada yang baru kenal tadi malam sudah dapat pasangan hidup ketangkep Hansip itu juga sebab lain).

Hal inilah yang mendasari tuyi untuk menulis posing ini, yang pada dasarnya tuyi dedikasikan untuk siapa saja (terutama yang masih jomblo) baik itu yang single (perawan ting-ting /bujang tong-tong) ataupun (duren=duda keren, dugal=duda ga’ laku, dumaker = duda mata keranjang, jamu=janda muda, jantel=janda gatel, jumarondong=janda mata berondong dan lain-lain) agar nantinya dapat mendapat pendamping hidup sesuai dengan pilihannya.

setelah melewati persemedian 3 hari 3malam di gunung kembar dan melakukan lelaku pati geni dan puasa mutih kemudian diakhiri dengan mandi kembang 7 rupa didapatkanlah pangsit wangsit tips mendapatkan calon pendamping hidup versinya tuyi diantaranya :

  1. Dalam memilih pasangan haruslah seiman (satu kepercayaan), percaya kalo calon istri atau suami tidak akan selingkuh atau melakukan perbuatan lain yang mengakibatkan retaknya jalinan rumah tangga.
  2. Dalam memilih pasangan hidup tidak harus cakep, ganteng, cantik ataupun seksi tetapi pilihlah calon pendamping yang kaya sekalipun orangnya jeleknya minta ampun. Karena rupa bisa dioperasi,apalagi  dengan teknologi sekarang yaitu operasi plastik. Bilang pada dokter bedah plastik, pilih plastik yang bagus, jangan pilih plastik yang daur ulang jika nanti mendapatkan calon suami/istri yang harus dioperasi plastik.
  3. Sekali lagi fisik itu ngga’ penting sehingga tuk calon suami body/badan pasangan ngga’ usah dihiraukan betul. Maka dari itu calon suami hendaknya memilih pasangan yang gembror/gendut (bapuk=bhs tegal) (kaya’ Pretty Asmara) untuk pasangannya. Hal ini dimungkinkan karena suatu saat nanti jika menikah tertimpa kemalangan sampai-sampai tidak kuat beli kasur bisa pakai badan si pasangan (istri) sebagai pengganti kasur, kan enak lebih ngirit ketimbang ngga’ mampu beli kasur.
  4. Tuk calon istri pilih suami yang tinggi semampai, tujuannya untuk apa ?, jika nanti barumah tangga misalnya ada lampu-lampu diplafon yang harus diganti, minta aja ke suaminya tuk ngambilin lampu yang mati. Atau jika musim hujan banyak genting yang bocor minta juga ke suaminya tuk mbenerin genteng yang bocor, kan lumayan ngga’ usah beli tangga.
  5. Carilah pasangan hidup yang sejalan. Hal ini untuk menghindari dari pasangan supaya tidak salah alamat ataupun minimal tujuan kemana-mana sama. Misalnya jika mau kencan di salah satu restoran maka ya…, minimal ke restoran yang sama (jangan yang lainnya). Kalo mau pulang ke rumah ya harus sama lamatnya (jangan yang satu ke rumah yang satunya ke tetangga karena tetangganya masih single).
  6. Bagi calon suami carilah  istri yang punya jidat sempit, bibir tebal. jidat sempit menunjukkan pola pikir yang sempit sehingga nantinya istri ngga’ macem-macem dan ngga’ kritis jika nanti suami macem-macem. Bibir tebal menunjukkan daya seks yang kuat sehingga nanti bila berumah tangga jika suami atau anaknya ingin memiliki lesung pipi minta si istri untuk mencium kuat-kuat pipinya sampai berlesung, atau mau berlesung dahi dengan cara yang sama…
  7. Bagi calon istri calirah suami yang punya jidat lebar, bibir tipis. Jidat lebar menunjukkan pola pikir yang terang dan positip. Sehingga jika istri berbuat yang macem-macem (selingkuh dengan tetangga, menggunakan uang belanja yang tidak semestinya, beli kosmeik yang mahal-mahal dll) si suami ngga’ akan curiga karena selalu positif thinking ( berpikiran positif). kalo bibir tipis perempuan identik banyak omong tetapi hal ini tidak untuk kaum lelaki ini dikarenakan semakin banyak omong maka bibir akan cepat  cape.  Ini senada jika lelaki ototnya kecil tenaganya lemah lain dengan lelaki yang berotot besar tenagapun besar.
  8. Jangan memilih pasangan karena hanya fisik atau hatinya saja tetapi yang penting adalah pribadinya. Punya rumah pribadi, mobil pribadi ataupun apartemen pribadi. Hal ini bertujuan jika setelah nikah nanti bisa ditempati bareng-bareng kan enak ngga’ usah pusing-pusing mikirnya.
  9. Carilah pasangan yang umurnya lebih tua, beda 20 tahun atau selebihnya ngga’ masalah. Hal ini dimungkinkan jika pasangan anda lebih tua akan cepet sakit-sakitan dan akhirnya KO dengan sendirinya. Nah kalo sudah begini warisan kan lebih cepet didapat…Tulngga’..?
  10. Sekali Lagi carilah pasangan yang lebih kaya, hal ini akan bisa merubah nasib jika nanti bersanding dan menikah siapa tahu dapat mencuri ilmunya ataupun resepnya menjadi orang kaya. Kalo ngga’ curi aja hartanya atau minta kepada dukun atau sejenisnya supaya merubah pikirannya agar ngga’ bisa berpikir sehingga kekayaannya jatuh ketangan kita. Haa…haaa….haa…

Itulah sekelumit tips-tips dari Bang Tuyi setelah melakoni lelaku spiritualnya, kalo ada yang cocok silahkan pake, kalo ngga’ ada ya…buang aja nih tipsnya ke tempat sampah terdekat, Tuyi ngga’ bakal marah Kok….sebab Tuyi orangnya penyabar dan tidak sombong.

Smoga aja bermanfaat….

Wassalam…..