Persyaratan Motor Untuk Mudik..

Mudik………mudik………mudik……..,

Mungkin kata itu saat yang berkecamuk di dada setiap orang yang merantau di luar daerah. Karena kebiasaan perantau mudik (pulang kampung) dilakoni menjelang lebaran tiba. Yah…minimal setahun sekali lah ketemu saudara dan handai taulan.

Ada yang menggunakan jasa angkutan darat, laut bahkan udara. Bagi yang berkantong tebal (banyak kutang uang) pesawat adalah alternatif yang tepat untuk mudik. Atau menggunakan jasa angkutan kereta atau bus eksekutif atau yang lainnya. Bagi yang berkantong setengah tebah (separo uang separo KTP), bisa menggunakan kereta ataupun bis klas ekonomi. Terus bagi yang berkantong tebal juga (tebal tagihan utang)/(kertas2 bon), biasanya menggunakan fasilitas yang lain supaya ngirit ongkos tentunya dengan menggunakan Sepeda motor, bajaj atau becak sekalipun. hwakakak…..

Melihat fenomena yang sering terjadi menjelang lebaran, berikut dari Tuyi’s Blog hanya memberikan persyaratan para pemudik yang  menggunakan sepeda ontel motor untuk  melaksanakan tradisi mudiknya ke kampung halamannya. Karena kalo tips mudik dengan motor udah banyak yang posting.

Oke….cekidot…..*baca persyaratannya*

  1.  Syarat ke-1, calon pemudik paling tidak punya motor itu yang pasti. Motor yang biasanya buat ngojeg atau motor ngerampok pinjeman dari tetangga……
  2. Syarat ke-2, harus punya surat-surat kendaraan biar nyaman, atau SIM yang kedaluwarsa masih berlaku, dengan adanya foto diri yang jelas jangan foto orang lain.
  3. Syarat ke-3, motor harus punya mesin yang jelas sesuai dengan kebutuhannya, jangan dipasang mesin jahit atau mesin ketik….wakakak
  4. Syarat ke-4, motor dalam keadaan bisa dijalankan walau stater awal didorong ataupun di pancal staternya. Soalnya kalo mati bisa sebulan kali nyampainya. wakakak….
  5. Syarat ke-5, roda juga harus jelas pilih roda yang masih radial dan bulat bundar tentunya. Emang kalo kotak bisa ngglinding apa…..wakakakak….
  6. Syarat ke-6, spion juga harus jelas kanan kiri masih bisa keliatan dengan jelas and its oke. Bila perlu depan belakang…..(depan utk yg nyetir, belakang utk yg nggonceng). wkwkwkwk….
  7. Syarat ke-7, Tangki bahan bakar juga jangan sampai bocor harus rapet, saking rapetnya bensin gak mau keluar ke karburasi. OMG itu motor gak ada pembakaran donk. Bensin bisa awet.  wakakakak….
  8. Syarat ke-8, sokbreker harus di cek….jangan pake sokbreker sepeda nanti nggak mantul-mantul….wkwkwkwk
  9. Syarat ke-9, Jok pengendara pakein busa biar lebih nyaman, soalnya kalo gak pake bisa keras tuh pantat nyampe rumah….wkwwkwk
  10. Syarat ke -10, jangan lupa motor harus ada yang nyetir kalo gak ada yang nyetir emang itu motor bisa jalan sendiri apa……wkakakak……

Itulah Persyaratan yang saya anjurkan…….., barangkali syarat ini masih dirasa kurang tambahin sendiri aja deh biar komplit…….*Salam Mudik*

Iklan

Kebutuhan Pra Lebaran

Kurang lebih sepekan lagi lebaran tiba, banyak orang yang sudah sibuk untuk menyambut hari kemenangan. Hari yang paling dinanti oleh umat muslim sedunia. Tak terkecuali untuk para Blogger se tanah air, Tanah Air Indonesia.

Kira-kira apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk menyambut lebaran tahun ini…….?.

Sudilah kiranya untuk Blogger yang nyasar ke Tuyi’s Blog berkenan untuk menvote Polling dibawah ini….., ini hanya sekedar polling untuk bahan referensi saya dalam menyelesaikan gelar S2 di UPI (Universitas Perkentiran Indonesia). Wakakakak…..

Makasih sebelumnya yah……………….

Bukti Nyata ala Tuyi di akhir Ramadhan…

Tak terasa sudah 2 pekan lebih, kita menjalani puasa di bulan Ramadhan, artinya hari kemenangan pun semakin dekat. Hari dimana nanti kita telah mencapai tahapan yang Fitri, seperti terlahir kembali bagai bayi yang baru lahir dari kandungan ibunya….hehehe…

Namun biasanya sering kita jumpai hal-hal yang seharusnya tidaklah lazim untuk kita lakukan dimasa-masa akhir bulan Ramadhan ini. Kenapa saya katakan tidak lazim…..?, hal ini karena seharusnya dimasa akhir kita menjalani puasa di bulan Ramadhan seharusnya kita semakin terbiasa dan semakin bertambah ketaqwaan kepada Allah SWT. Namun ada beberapa hal yang sering kita temui di akhir bulan Ramadhan ini. Sebagai mana yang yang terangkum saya amati dari tahun-ke tahun selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Hal-hal itu diantaranya………….

  1. Sof (barisan dalam sholat) Taraweh semakin maju, atau semakin banyak yang tidak hadir sholat Taraweh berjamaah. Entah karena bosen atau kesibukan lain kurang tau dehhhhhhh Tuyi……hihihihihi
  2. Mall dan pusat perbelanjaan semakin ramai justru disaat-saat waktu sholat taraweh semakin ramai ajah itu mall, kebalikannya masjid semakin sepiiiiiiiiiiiiii ajah. Naudzubillah…..Naudzubillah…………
  3. Warung nasi dan warung makan semakin banyak yang buka terang-terangan di siang hari, yang awal waktu puasa dipake korden kini mulai kordennya terlepas satu persatu gak mau dibenerin. Payahhhhh dehhhhh…….????!!!!
  4. Semakin banyak pula orang yang berlalu lalang tidak puasa, dengan berbagai alasan mereka nggak berpuasa. JAdi banyak juga tuh temennya setannnnnnnn…..wakakakakak….
  5. Toko Emas mendekati lebaran semakin ramai karena banyak yang membeli emas untuk keperluan lebaran. Biar bisa ngeceng kaliii….pakein gelang kronconggnya….????. wakakakaak……..
  6. Pegaidain juga semakin rame, karena banyak yang mau gadaian barangnya untuk keperluan lebaran. Biar gadai asal bisa beli baju baru…….hehehehe
  7. Bursa motor sekond atau baru juga semakin ramai sajah. Biasa kalo lebaran penginnya kan pergi-pergi biar lebih mudah kali perginya, palagi yang lagi PDKT ketemu Camer (calon mertua) semakin PD lagi. wakakakak….
  8. Makin banyakkkkk sales pakaian atau makanan khas lebaran yang menjajakan ke kantor kantor. Jemput bola katanya….(soalnya bolanya gak punya alamat). hehehehe
  9. makin banyak pengemis yang masuk ke kampung-kampung atau di jalanan untuk mencari sedekah. Dijadikan ladang amal kata pengemisnya……hehehe
  10. Makin banyak juga copet, maling, perampok di jalanan yang mau menjarah barang-barang milik orang lain. Si Copet juga perlu lebaran kannnnn….????. wakakakakak……

Itulah sepengetahuan Tuyi Bukti-bukti otentik di akhir-akhir Ramadhan di tahun kemarin, kaya’nya tahun ini gak jauh bedaaa……wakakakak

Kurang dan lebihnya saya minta Maaf…………

masinisss…..,berhenti

Ini adalan posting pertamaku setelah hampir seminggu nggak posting lagi karena mudik lebaran dan liburan di rumah istriku di Blora. Saat Aku dan keluarga (Tuyi’s Family) mudik ke Blora beberapa waktu lalu, ada kejadian yang lucu dan sangat lucu untuk saya ceritakan selama perjalanan.

Kejadiannya begini, seperti biasanya Tuyi’s Family (terdiri dari Aku, istriku dan Dua Anakku yag Masih balita) selalu mudik ke kampung halaman (Blora) saat-saat Lebaran tiba. Dan seperti biasa pula, pulangnya mengunakan angkutan massal yang banyak dinaikki orang yaitu Kererta Api (Sepur). Karena tuyi termasuk kaum elite (ekonomi sulit), maka menggunakan kereta yang elit juga (alias kelas ekonomi non Bisnis). Pagi-pagi sekali sekitar jam 04.30 tuyi’s family sudah nyampai distasiun Tegal tuk ngantri tiket. Saat itu pula sudah stanbay kereta Tegal Arum jurusan Tegal-Pasar senen (Jakarta) di jalur 1 sedangkan jalur 2 Kereta Kali Gung jurusan Tegal-Poncol Semarang yang nantinya akan Aku naiki.

Selesai beli tiket seharga 16 ribu per unit orang Tuyi’s family bergegas dan langsung naik pesawat kereta yang ada di jalur 2 yaitu kereta Kali Gung jurusan Semarang. Nggak lama kemudian sekitar jam 05.00 kerera mulai berangkat, begitu juga yang kearah jakarta yaitu Tegal Arum juga berangkat.

Karena tuyi’s famiy anaknya masih kecil-kecil maka deretan bangku di depan tuyi diisi oleh orang lain yaitu seorang Ibu (kalo Aku taksir umurnya sekitar 50-an).Untuk menghilangkan kejenuhan dalam perjalanan Aku kerap bertanya pada si Ibu yang ada didepanku.

Sendiria aja Nih Bu…,mana anaknya, emangnya mau kemana Bu…” (tanyaku)
Baca lebih lanjut